Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
MSN Indonesia Bisnis Indonesia Kompas Republika Tempo Detiknews Media Indonesia Jawa Pos Okezone Yahoo News New York Times Times Forbes
Google Yahoo MSN
Bank Indonesia Bank Mandiri BNI BCA BRI Cimb Niaga BII
Hariyono.org Education Zone Ekonomi Mikro Ekonomi Makro KTI-PTK Akuntansi Komputer Media Pend.Askeb Media Bidan Pendidik Materi Blog Kampus # # #
mandikdasmen Depdiknas Kemdiknas BSNP Kamus Bhs Indonesia # # # # # #
Affiliate Marketing Info Biz # # # # # # # # #
Bisnis Online Affilite Blogs Affiliate Program Affiliate Marketing # # # # # # # # #

Selasa, 01 Desember 2009 | 18.06 | 0 Comments

ASI Sebagai Pilihan Terbaik

Saya memilih untuk menulis artikel tentang ASI ini sebagai yang pertama karena menurut saya ini sangat penting dan sangat mungkin untuk dapat mencerdaskan bangsa Indonesia tercinta ini.

Tidak diragukan lagi, pada situasi/keadaan normal, pemberian ASI adalah cara terbaik untuk memberi makanan bagi bayi anda. ASI adalah makanan sempurna dan cara pemberiannya paling efisien dan efektif.

Sejauh apapun teknologi yang sudah dicapai namun selalu ada sesuatu yang dilakukan oleh alam dengan lebih baik Dan salah satunya adalah membuat makanan yang terbaik buat para bayi, sekaligus yang terbaik untuk ibunya.

Selain untuk bayi, menyusui juga banyak manfaatnya untuk si Ibu. Anda mungkin sudah tahu bahwa anda akan menyusui bayi anda, atau anda belum memutuskan sampai sekarang. Mari kita lihat manfaat pemberian ASI berikut

Manfaat Bagi Bayi:

  1. ASI adalah makanan alami, nutrisi sempurna, dan karena itu merupakan makanan terbaik untuk bayi anda. Karena unsur kimiawi yang membentuknya, bayi anda dapat dengan mudah mencerna dan menyerap kandungan nutrisinya.
  2. Zat antibodi yang terkandung dalam ASI membantu melawan berbagai infeksi, termasuk infeksi saluran nafas, saluran kencing, telinga dan infeksi pada darah. Zat antibodinya juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh putra-putri anda.
  3. ASI membantu mencegah timbulnya alergi dan sensitifitas terhadap makanan
  4. Hampir tidak pernah terjadi konstipasi pada bayi yang mendapat ASI. Mereka jarang terkena diare dan kembung.
  5. Karena menyusu ASI memerlukan usaha yang lebih keras daripada minum dari botol, hal ini mendorong pertumbuhan rahang gigi dan palate yang lebih baik. Bayi yang disusui lebih jarang terkena cavities dimasa kecilnya kemudian.
  6. Pemberian ASI membantu mencegah penyakit Jaundice.
  7. Ada penurunan resiko sindrom kematian mendadak pada bayi (Sudden infant death Syndrome), meningitis, ulcerative colitis, Crohn’s disease, Leukemia, Lymphoma, obesity dan Juvenile diabetes pada bayi-bayi yang diberi ASI.
  8. Pemberian ASI juga menunjukan adanya peningkatan IQ pada anak.

Manfaat untuk Ibu:

  1. Menyusui membantu mengembalikan uterus ke ukuran normalnya dan juga berguna mengurangi penimbunan lemak.
  2. Menyusui membakar kalori dan membantu ibu untuk mengurangi berat badan sehingga kembali ke bentuk semula.
  3. Menyusui sangat nyaman. Tidak perlu mengaduk, menakar dan membersihkan. Tidak perlu persiapan yang rumit atau tempat penyimpanan.
  4. Menyusui sangat ekonomis karena tidak perlu beli botol, dot atau susu formula.
  5. Ketika Ibu menyusui, ia mengalami penurunan resiko dari kanker payudara dan kanker ovarium.
  6. Menyusui melindungi penyimpanan zat besi karena itu menekan ovulasi dan menstruasi. Tapi ini tidak dapat dijadikan jaminan untuk tidak terjadinya kehamilan.

Ketika tiba saatnya kita mulai memberikan ASI, persiapan adalah kuncinya. Banyak bertanya kepada keluarga dan teman yang sudah berhasil memberikan ASI eksklusif. Baca buku-buku atau majalah tentang hal ini. Kita akan banyak belajar apa yang harus dilakukan kalau ada masalah yang timbul dan kapan saatnya kita perlu meminta pendapat dokter anak.

Jadi kalau anda sudah memutuskan untuk memberikan ASI secara eksklusif … SELAMAT! Tapi kalau masih bingung, saya usulkan untuk mencobanya dulu, mungkin anda akan menyukainya. Baiknya lagi anda dan bayi anda akan semakin dekat serta banyak mendapatkan keuntungan.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved by Bidan Pendidik STIKES Karya Husada Pare | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by h4r1
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome, flock and opera.